Alamanda (Allamanda cathartica L.)

Mengobati: sembelit, deman, ekzema, bisul, abses, kurap, mematikan belatung dan jentik nyamuk






Berasal dari Amerika tropis, termasuk tanaman perdu memanjat serta bergetah. Tinggi mencapai 6 m dan di indonesia bisa ditemukan di daerah 10-850 m di atas permukaan laut. Ia termasuk famili Apocynaceae (kemboja-kembojaan). Di daerah Sunda, bunga ini deknal dengan nama Lame Areuy. Daunnya tunggal, berwarna hijau tua mengkilat, bertangkai pendek, bentuknya lanset dengan ujung runcing dan pangkal menyempit, tepi rata dengan panjang 10-20 cm dan lebar 2-6 cm.
Bunganya keluar dari ujung batang dalam karangan yang berbentuk tandan seperti lonceng, sedangkan mahkotanya berlekuk lima dengan warna kuning.
Buahnya buah kotak, bertangkai, berkatub dua dan bijinya gepeng. Bagian yang berkhasiat adalah daunnya yang terasa pedas, pahit dan sifatnya yang hangat dan beracun ini mempunyai khasiat sebagai pencahar dan menyebabkan muntah.

Khasiatnya:
Daunnya pedas pahit dan sifatnya hangat serta beracun. Berkhasiat untuk mengobati sembelit, demam, ekzema, bisul, abses dan kurap.

Caranya:
Ambil daun alamanda, cuci sampai bersih lalu ditumbuk halus, kemudian balurkan hasil tumbukan tersebut di tempat yang sakit. Getahnya yang beracun bisa untuk mematikan belatung dan jentik nyamuk.

0 Response to "Alamanda (Allamanda cathartica L.)"