Jengger Ayam (Celosia cristata L.)

Mengobati: anti radang, pendarahan, mengobati keputihan dan menerangkan penglihatan, mimisan, batuk darah (muntah darah), pendarahan wasir, kencing berdarah, pendarahan rahim, keputihan, disentri, dan infeksi saluran kencing.






Tumbuh tegak, berbatang tebal dan kuat dengan tinggi 60-90 cm. daunnya tunggal tumbuh berseling, dengan bentuk bulat telur memanjang 5-12 cm, lebar 3,5-6,5 cm. Ujung dan pangkal daun tersebut meruncing, membentuk tangkai, bertepi rata serta berwarna hijau dengan garis merah ditengahnya. Bunganya berwarna merah, ungu, dadu dan kuning, berbentuk bulir, dan berdaging.
Di bagian atas melebar, berlipat dan bercanggap atau bercabang keluar di ujung batang.
Terna semusim ini banyak ditanam di taman-taman dan halaman rumah atau tempat lain hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Di jawa lebih dikenal dengan nama Bayem cenggeng, di sumatera dengan nama bunga tali, di nusa tenggara dengan nama Janggar siap dan di sulawesi dengan nama Laya.

Khasiatnya:
Sebagai anti radang, menghentikn pendarahan, mengobati keputihan dan menerangkan penglihatan. Bisa juga untuk, mengobati mimisan, batuk darah atau muntah darah, pendarahan wasir, kencing berdarah, pendarahan rahim, keputihan, disentri dan infeksi saluran kencing.

Caranya:
ambil 10-15 gram bunga, digodok atau dijadikan pil bubuk.
Untuk pemakaian luar. Godok bunga secukupnya, airnya untuk membersihkan bagian yang sakit. Atau bisa juga dengan melumatkan bunga tersebut dan kemudian menempelkannya di bagian yang sakit.

0 Response to "Jengger Ayam (Celosia cristata L.)"