Suket gajahan/Baru Cina (Artemisia vulgaris L.)

Mengobati: Memulihkan tenaga sehabis melahirkan, lemah syahwat, ayan, sakit tenggorokan, disentri, kutil, carcinoma lambung, pembesaran kelenjar payudara, hepatitis, prostatitis, bronchitis, nyeri menstruasi.






Terna menahun ini berambut halus dan tingginya mencapai 1 meter. berbau tajam, sangat menyukai tanah yang lembab dan banyak humus, tumbuh liar di hutan dan ladang.
Artemisia argyi levl. et. Vant. berasal dari cina dan bisa hidup hingga 3.000 meter diatas permukaan laut. Pohonnya setengah berkayu dengan cabang yang banyak, beralur dan berambut. daunnya berwarna hijau, bentuknya bulat telur dengan tepi menjari, ujungnya meruncing dengan kedua permukaan daun berambut halus.
Bunganya majemuk kecil-kecil dengan warna kuning muda berbentuk bonggol yang tersusun dalam malai yang tumbuh menunduk, keluar dari ketiak daun ujung tangkai.

Khasiatnya:
Memulihkan tenaga akibat pendarahan sehabis melahirkan. Ambil 4 pohon baru Cina, rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum 2x sehari/1 gelas sebelum makan.
Lemah syahwat. Ambil 15-45 gram bijinya, giling halus dan makan.
Ayan (epilepsi). Ambil 1 genggam akarnya, tambahkan 1 ibu jari gula enau, tuangkan 4 gelas air kemudian rebus hingga menjadi 2 gelas. Minum 2x sehari (setiap kali minum 1 gelas).
Sakit tenggorokan. Herba segar ditumbuk kemudian diperaas lalu diminum airnya.
Disentri. Herba ditambah jahe segar lalu direbus sampai kental. Airnya diminum 3x sehari.
Me nghilangkan kutil (verruca vulgaris). Ambil suket gajah dan lumatkan, kemudian tempelkan ke tempat kutil tersebut beberapa kali sebagai moxa, dengan cara memanaskan titik-titik akupuntur sehari selama kurang lebih 30 hari..

Komposisi:
Minyak menguap (phellandrene, cadinene, thujvl alkohol, alpha amirin, fernenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4-ol, beta caryophylene, 1-quebrachitol.
Akar dan batangnya mengandung Inulin (mengandung artemose), cabang kecil: Oxytoxin, yomogi alkohol, ridentin.

Perhatian:
kurang lebih 30% orang yang memakai rebusan daun Artemisia argy. et. Vant. mempunyai keluhan mulut kering, rasa tidak enak dilambung, mual, muntah, mencret dan pusing. Hal tersebut dapat diatasi dengan memakai minyak daun Artemisia argy Levl. et. vant.

0 Response to "Suket gajahan/Baru Cina (Artemisia vulgaris L.)"