Alang-alang (Imperata Cylindrica Beauv.)

Mengobati: Radang umbai usus buntu, pelembut kulit, diuretika dan pembersih darah



Alang-alang berasal dari Afrika yang saat ini sudah menyebar secara luas ke eropa, turkistan, afganistan, india, sri lanka, malaysia, china dan jepang bahkan ke australia. ia termasuk jenis rumput-rumputan yang menahun. Akarnya merayap di dalam tanah dan bersisik. tingginya bisa mencapai 0,5-1,5 meter dengan batang yang beruas dan bulat. Bunganya berwarna putih, daunnya tunggal berbentuk pita yang panjangnya kurang lebih 80 cm.
Permukaan maupun tepi daunnya kasar dan tajam, sehingga dapat melukai tangan atau anggota badan kita. Tanaman ini berbunga majemuk dengan bentuk malai yang panjangnya 6-30 cm. Warnanya putih, kepalasari juga berwarna putih atau ungu. Akarnya terasa manis dan kadang-kadang juga pahit.

Khasiatnya:
Obat radang umbai usus, pelembut kulit, diuretika dan pembersih darah. Ampib satu per empat genggam akar ilalang segar, 1 potong akar pulai pandak 8 cm sebesar pensil, 1 kepal umbi bidara upas, 6 lembar daun tapak liman, 6 lembar daun kaki kuda dan setengah ons gula enau.
Semua bahan dipotong dan dicuci, kemudian direbus dengan air bersih 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Komposisi:
Akarnya mengandung asam kersik, damar dan logam alkali.

0 Response to "Alang-alang (Imperata Cylindrica Beauv.) "