Sirih (Piper betle L.)

Mengobati: Obat bisul, obat mimisan dan cuci hama (desinfectant)




Termasuk tumbuhan merambat dengan akar lekat, panjang 5-15 meter. Daun mudanya berwarna kekuningan, sedangkan yang tua berwarna hijau tua. Letaknya berseling dan tersebar dengan tangkai daun penumpu yang cepat rontok, dengan bekas berbentuk cincin. Buahnya buni dengan ujung bebas dan membulat, sedangkan bijinya berbentuk lingkaran. Tanaman ini banyak dipakai sebagai tanaman pagar ataupun penutup pergola (dirambatkan pada pagar mati/anjang-anjang). Keindahannya terletak pada warna tajuknya, daun muda yang berwarna kekuningan dan daun yang tua berwarna hijau.

Khasiatnnya:
Sebagai cuci hama (desinfectant). Ambil daunnya, cuci lalu rebus. Air rebusan tersebut sebagai pembersih luka atau mencuci lubang vagina yang terkena infeksi.
Sebagai obat mimisan. daun sirih disobek, lalu digulung dan sumbatkan pada hidung, maka pendarahan pun berhenti.
Sebagai obat bisul. Ambil 5 lembar daunnya, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus dengan menambahkan sedikit air garam. Oleskan pada bisul dan balut.

Komposisi:
Daunnya mengandung sejenis minyak penguap (volatile fatty acid), cadinen, chavicol, eugenol metil eter, caryphylen dan etibrenzcatechin.

0 Response to "Sirih (Piper betle L.)"